Minggu, 05 Agustus 2012

Gempa besar berikutnya


Penelitian ilmu menunjukkan bahwa gempa besar dan tsunami sangat mungkin akan terjadi didalam beberapa dekade mendatang di wilayah antara Kepulauan Batu dan Pagai, dan di sepanjang pantai Sumatera Barat, termasuk kota Padang. Namun, kami tidak bisa mengatakan kapan tepatnya gempa ini akan terjadi. Ini berarti bahwa para generasi muda yang tinggal di daerah ini pada saat ini sangat mungkin untuk mengalami gempa dan tsunami besar ini di dalam hidup mereka.
Sejak sebelum tahun 2004, para ilmuwan telah memperkirakan bahwa daerah sepanjang pantai barat Sumatera akan mengalami gempa besar dan tsunami. Mereka mengetahui ini dengan mengamati bagaimana bagian bumi tertekan dan menekuk diantara dua lempeng bumi yang bergerak terhadap satu dan lainnya di daerah ini. Pergerakan – yang lambat – ini menyebabkan energi terkumpul dalam batuan yang tertekan dan menekuk tersebut seringin dengan berjalannya waktu, ini mirip seperti pegas yang ditekan perlahan-lahan. Akhirnya, ketika akumulasi energi sudah terlalu besar maka lempeng Bumi bergerak tiba-tiba pada peristiwa gempa – ini seperti semakin besar anda menekan pegas, maka akan semakin kuat anda akan terdorong ke belakang ketika sudah tidak mampu lagi menahan.
Setelah gempa besar di Aceh pada tahun 2004 dan di Nias pada tahun 2005, para ilmuwan menunjukkan bahwa daerah sekitar Kepulauan Mentawai masih memiliki energi yang terkumpul, sehingga bisa menghasilkan gempa dan tsunami dahsyat.
http://www.siaga.org/uploads/images/lagi/1-in.jpg
Gempa September 2007 dan Oktober 2010 melepaskan sebagian besar akumulasi energi diwilayah Pulau Pagai Selatan sampai Bengkulu, sehingga menyebabkan kerusakan di wilayah itu.
Namun, daerah sekitar Pagai Utara, Sipora, dan Siberut masih memiliki akumulasi energi yang besar, sehingga memungkinkan menghasilkan gempa dan tsunami besar pada suatu saat puluhan tahun kedepan.
http://www.siaga.org/uploads/images/lagi/6-in.jpg
Para ilmuwan tidak bisa tahu kapan hari, bulan, atau tahun gempa besar itu dapat terjadi, tapi tahu bahwa gempa tersebut sangat mungkin terjadi dalam masa hidup dari generasi muda saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar